Signature
Suatu catatan kecil yang berisi tentang informasi yang
melekat pada akhir bagian email.
Signature bisa diisi dengan nama, pekerjaan, alamat situs web
atau blog, alamat kantor dll.
Signature dapat berupa tulisan teks atau untuk lebih bagus
diisi dengan gambar dan warna yang menarik.
Thema
merupakan suatu catatan kecil yang berisi tentang informasi
yang melekat pada akhir bagian email.
Signature bisa diisi dengan nama, pekerjaan, alamat situs web
atau blog, alamat kantor dll.
Signature dapat berupa tulisan teks atau untuk lebih bagus
diisi dengan gambar dan warna yang menarik.
Auto Reply
Adalah menjawab balasan email dengan otomatis kepada pengirim
email.
ETIKA dalam pengeriman email:
1. Pastikan Anda e-mail
menggunakan salam pembukaan dan penutupan yang sopan. Hal ini akan membuat
email Anda terlihat tidak terlalu singkat dan tanpa basa-basi.
2. Tuliskan alamat kontak
sesuai dengan level formalitas mereka dan pastikan anda mengeja atau menulis
nama mereka dengan benar.
3. Cek ejaan tulisan Anda –
email dengan kesalahan penulisan biasanya dianggap kurang serius.
4. Bacalah email Anda dengan
keras untuk memastikan bahwa Anda telah membuat ejaan dan intonasi dengan
benar. Membaca email Anda dengan keras untuk memastikan nada adalah yang Anda
inginkan. Cobalah untuk menghindari menggunakan kata-kata yang mengandung
penekanan, tetapi pilihlah kata-kata yang memiliki makna.
5. Pastikan Anda telah
mencantumkan semua rincian dan informasi yang dibutuhkan agar mereka mampu
memahani dan mengerti tujuan Anda. Generalisasi kata dapat menyebabkan
kebingungan dan membuat mereka harus membaca berkali-kali.
6. Apakah Anda menggunakan struktur
kalimat dengan tepat? Kata pertama dikapitalisasi dengan tanda baca yang tepat?
Beberapa contoh tanda baca ‘!!!’ dianggap kasar atau merendahkan.
7. Jika email Anda penuh
dengan emosional, menjauhlah dari komputer dan tunggu waktu yang tepat untuk membalas.
Tinjau pengirim email yang Anda terima, sehingga Anda yakin bahwa Anda sedang
tidak membaca email yang sebenarnya tanpa pengirim yang jelas.
8. Jika mengirim lampiran,
apakah Anda bertanya kapankah waktu terbaik untuk mengirim? Apakah Anda memeriksa
ukuran file untuk memastikan bahwa file yang Anda kirim hanya akan memenuhi
inbox dari kontak tujuan Anda?
9. Sebaiknya Anda menahan
diri dari menggunakan fitur Reply to all (Balas ke Semua) untuk memberikan
pendapat Anda kepada mereka yang mungkin tidak tertarik. Dalam kebanyakan kasus
membalas email satu-satu secara pribadi merupakan tindakan terbaik.
10. Lakukan pemeriksaan
terakhir bahwa alamat yang Anda tulis pada To: adalah benar-benar pengirim yang
ingin Anda balasa emailnya.
11. Pastikan nama Anda
ditulis dengan baik dalam From: Jane A. Doe (tidak jane, jane doe atau JANE
DOE).
12. Ketik kalimat dengan
lengkap. Jika Anda ingin ber basa-basi, maka sebaiknya tidak membuat pesan yang
ingin Anda sampaikan menjadi rancu.
13. Jangan pernah berasumsi
dalam mengirim email. Jika Anda tidak yakin, maka hindarilah kata atau kalimat
yang dapat mengundang kesalahpahaman.
14. Hanya karena seseorang
tidak meminta tanggapan bukan berarti Anda lalu mengabaikan mereka. Sebaiknya
Anda menanggapi email dari orang yang Anda kenal pada waktu yang tepat.
15. Pastikan isi kolom
Subject: dengan akurat dan mencerminkan isi email Anda.
16. Jangan ragu untuk
mengucapkan terima kasih, apa kabar, atau ungkapkan bahwa Anda menghargai
bantuanya.
17. Hindari penggunaan email
yang singkat dan langsung pada poinya saja.
18. Selalu akhiri email Anda
dengan ”Terima kasih,” ”Hormat Saya,” atau ”Salam”.
1. Jangan mengetikkan
kalimat dalam huruf besar. Penggunaan huruf besar mencerminkan kata-kata keras
atau Anda sedang berteriak atau melakukan penekanan.
2. Jika Anda ingin
menggunakan bold pada tulisan Anda, maka Anda harus mengetahui maksud dari kata
yang di cetak tebal.
3. Jangan gunakan latar
belakang dengan pola tertentu. Hal ini akan membuat email Anda sulit untuk
dibaca.
4. Hindari penggunaan
fancy-schmancy font. Gunakanlah font standar yang dapat dengan mudah di kenali
pada semua computer.
5. Gunakan emoticon yang
sesuai untuk membantu Anda mengekspresikan nada dan niat yang jelas.
6. Mengetik email Anda
dengan menggunakan huruf kecil semua akan memberikan persepsi kurangnya
pendidikan atau kemalasan.
7. Hindari menggunakan
beberapa warna font dalam satu email. Itu membuat email Anda lebih sulit untuk
dilihat dan dapat menyebabkan kesalah-pahaman akan maksud email Anda.
8. Pilihlah kata yang paling
tepat dan seakurat mungkin untuk mencerminkan intonasi nada Anda dan
menghindari kesalahpahaman.
1. Saat mengirim lampiran
dalam ukuran besar, selalu ”zip” atau kompres file Anda sebelum pengiriman.
2. Jangan pernah
mengirim lampiran besar tanpa pemberitahuan! Sebaiknya Anda selalu bertanya kapankah
waktu terbaik untuk mengirim file tersebut kepada mereka.
3. Kecilkan ukuran grafis
gambar menjadi sekitar 600 piksel lebar sebelum mengirim email. Ini akan sangat
mengurangi waktu download.
4. Jangan pernah membuka
lampiran dari seseorang yang Anda tidak tahu.
5. Pastikan program
antivirus, adware, spyware Anda selalu up to date dan mencakup pemindaian email
termasuk pemindaian lampiran baik yang masuk maupun keluar.
6. Lebih baik untuk mengirimkan
beberapa lampiran dalam beberapa pengiriman email yang
terpisah daripada melampirkan mereka hanya dalam satu email yang akan
menyebabkan kegagalan pengiriman.
7. Pastikan penerima email Anda
memiliki perangkat lunak yang sama seperti Anda sebelum mengirim lampiran atau
mereka mungkin tidak dapat membuka lampiran Anda. Gunakan PDF bila
memungkinkan.
semoga bermanfaat yah ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar