sudah paham kan pastinya kalian tentang definisi email, nah sekarang aku akan bahas tutorial atau cara mengirimkan email dengan baik dan benar ...
ikuti yu agar kalian lebih paham, memang gampang tetapi awas jangan asal kirim karena kurang nya pengetahuan tentang mengirim email ... hihihi
pertama tama kalian buka Gmail dan langsung Login aja yah jangan lama lama ..
kemudian setelah kalian masuk di gmail kalian ingin mengirimkan pesan untuk seseorang ya mungkin untuk something nya atau untuk dosen dsb, berikut tampilan untuk mengirim pesan :
Perhatikan gambar di atas, disana terdapat bacaan Kepada, CC, BCC, Subjek, dan pastinya ada Isi atau Content ..
baik kita bahas satu satu.
1. To atau Kepada
To atau kepada adalah alamat yang akan kalian tuju, atau alamat email yang akan kalian kirim pesan misalkan kalian akan mengirimkan pesan kepada atasan kalian di perusahaan atau kepada perusahaan lain, nah tinggal ketik saja alamat email nya dengan benar.
2. Cc
Cc ( Copy Carbon ) atau tembusan atau bisa dibilang salinan
Cc biasanya digunakan sama halnya dengan ketika mengirim email ke banyak alamat, bedanya akan terlihat kepada siapa alamat email utama dan kepada siapa alamat salinannya atau tembusannya. Penerima utama di kolom To: dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya.
BCC ( Blind Carbon Copy ) atau salinan tersembunyi.
Fungsinya hampir sama dengan Cc. Perbedaannya, semua alamat penerima yang dituliskan di bagian Bcc, tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan/di-bcc-kan. Sehingga terkesan, email itu hanya dikirimkan ke masing-masing email penerima bcc. kenapa sepeti itu ?
karena jika Bcc bisa melihat semua alamat email apa saja yang dikirimkan kita sebagai perusahaan yang mempunyai data base perusahaan yang penting bisa terlihat oleh alamat yang kita bcc, dan itu bisa mengakibatkan kerugian.
Contoh:
To : Pak Zavar
Cc : Pak Haris
Bcc : Pak Doni, Pak Tito, Pak Nasrul
Maka ketika email dikirimkan, Pak Doni tidak tahu kalau email tersebut juga dikirimkan ke Pak Tito, dan Pak Nasrul.
4. Subject ( Judul email )
Subject tidak boleh kosong, juga tidak perlu terlalu detail karena akan terlalu panjang.
ya bisa intinya saja.
contoh : Pemesanan Barang
Nah ada cara baru yaitu dengan menggunakan tag []
contoh : [Request] Request Barang
5. Content ( Isi email )
Awali Content dengan salam pembuka seperti Assalamualaikum Wr. Wb, Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam, To, Dear, dsb. Lalu sampaikan isi pesan anda, dan akhiri dengan salam penutup seperti Wassalamualaikum Wr. Wb, Best Regards, Your Sincerely, dsb diikuti dengan nama dan contact person anda.
bahasan selanjutnya bisa baca di postingan berikutnya yah ...
semoga bermanfaat ...


Tidak ada komentar:
Posting Komentar